Belajar Islam, Informasi dan Pengetahuan, Opini dan Politik, Contoh Nama Anak dan Bayi Islami

Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg Baik Kepada Anak By Bulan Ramadlan

Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg Baik Kepada Anak By Bulan Ramadlan

Nama Bayi Islami By Ramadlan ::  Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg  Baik Kepada Anak By Bulan Ramadlan
Sesuai dengan salah satu tujuan blog ini dibuat, saya kali ini akan membahas kewajiban orang tua, yang salah satunya ialah berkewajiban memberikan nama yang baik kepada anaknya.

Orang tua itu wajib memberikan nama yang baik kepada putra putrinya. nama yang baik itu tentulah yang paling utama adalah maknanya, bukan hanya kedengarannya di telinga saja.
Kalau membahas hal seperti ini sebenarnya bisa sangat panjang, karena itu saya persingkat saja.

Nama yang baik itu adalah nama yang mengandung arti yang baik, yang sesuai dengan islam.
dan hadits yang menjelaskan hal seperti ini sangatlah banyak. bahkan dalam islam diajarkan dan sarankan memilih nama yang sangat disukai Allah SWT, salah satu dalillnya ialah:

وأما التسمية فإن كان الاسم قد أعد من قبل الولادة فلتكن التسمية عند الولادة لأن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم دخل على أهله ذات يوم وقال ولد لي الليلة ولد وسميته إبراهيم وإن كانت التسمية لم تعد فلتكن في اليوم السابع عند ذبح العقيقة وينبغي للإنسان أن يحسن اسم ابنه واسم ابنته وأحب الأسماء إلى الله أعني أسماء الذكور عبد الله وعبد الرحمن

“Adapun perkara pemberian nama (tasmiyyah), apabila nama anak telah dipersiapkan sebelum kelahirannya, hendaklah pemberian nama dilakukan pada hari kelahirannya. Hal itu dikarenakan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa sallam pernah masuk ke rumah istrinya pada suatu hari, dan bersabda : “Pada suatu malam aku dianugerahi seorang anak laki-laki dan aku namai ia dengan Ibrahim”. Namun bila nama tersebut belum dipersiapkan (sebelum kelahiran), hendaklah ia menamai anak itu pada hari ketujuh saat penyembelihan hewan ‘aqiqah. Sudah sepatutnya bagi seseorang untuk membaikkan dalam pemberian nama bagi anak-anaknya. Nama paling dicintai oleh Allah – yaitu bagi anak laki-laki – adalah ‘Abdullah dan ‘Abdurrahman”.

Dari hadits diatas kita bisa menyimpulkan bahwa nabi sebenarnya sudah mengajarkan kita untuk memilih dalam memberi nama, dan nama yang seharusnya kita pilih buat anak kita adalah nama yang baik. dan nama yang baik yang paling disukai oleh Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.

Kita kembali kepada Kewajiban orang tua memberikan nama yang baik kepada anaknya.
Kewajiban ini sudah jelas, muthlaq, bahkan para ulama' pun sudah bersepakat dalam hal ini.

واتفقوا أن التسمية للرجال والنساء فرض

“Para ulama sepakat bahwasannya memberi nama kepada laki-laki dan perempuan adalah wajib”

Selain itu nabi sendiri juga sudah banyak menegaskan mengenai hal ini, diantaranya ialah sabdanya:
.حق الولد على والده ان يحسن اسمه ويحسن موضعه ويحسن ادبه  .رواه البيهقى

Sudah sangat jelas kan?!
Orang tualah yang wajib memberikan nama yang baik kepada anak.
Karena itu berhati-hatilah anda dalam memberikan nama kepada anak. jangan sampai anak anda menjadi korban informasi sesat di internet.

Sekian sedikit penjelasan saya mengenai "Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg  Baik Kepada Anak" semoga tulisan saya "Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg  Baik Kepada Anak By Bulan Ramadlan" ini bermanfaat. Wassalam..
Anda sedang membaca Artikel mengenai Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg Baik Kepada Anak By Bulan Ramadlan http://namabayiislamir.blogspot.com/2016/09/orang-tua-wajib-memberikan-nama-yg-baik.html Anda boleh Copy serta Share Artikel Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg Baik Kepada Anak By Bulan Ramadlan ini kepada teman anda, serta letakkan Link Orang Tua Wajib Memberikan Nama Yg Baik Kepada Anak By Bulan Ramadlan sebagai Sumbernya Terima Kasih.

Bagikan artikel ini ke » Facebook Twitter Google+
Posted by admin, Published at 09.11 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingin Diskusi Mengenai Nama?
Silahkan Diskusi Di Tempat Diskusi Nama Anak Islami Min Bulan Ramadlan